Selasa, 04 Juni 2013

Upacara Beralih ke Hal Absurd



Gue yakin, ini hal paling konyol yang pernah gue lakuin bareng temen gue yang satu ini. Sebut aja namanya 'ef ha'. 20 Mei 2013. Bertepatan sama Hari Kebangkitan Nasional buat yang nggak tau, kali aja. Dan gue yakinlah, sebagian besar sekolah di Indonesia ngadain upacara bendera pas hari itu. Termasuk sekolah gue tercinta.
Menit pertama aman. Gue juga bangga pake pakaian lengkap pas hari itu. Dengan posisi siap tegap gagah membahana, gue enteng aja baris rapih di barisan nomer 4 kalo nggak salah. Sepuluh menit berlalu. Gue ngrasa kringet gue udah pada bercucuran dari segala penjuru. Mulai dari dahi, punggung, sampai kaki.
Eh, tiba-tiba temen di sebelah gue bilang 'bangkit woy bangkit!' gue spontan aja memposisikan tubuh gue berdiri lebih tinggi. Gue sadar 'eh dasar lu. Gue udah bangkit kali -_-' enak aja mentang-mentang hari kebangkitan, kita-kita ini dianggap kecil. Buat yang nggak paham, itu lebih bagus *jempol


15 menit kemudian. Temen belakang gue bilang 'eh, ke toilet yuk. Kebelet'. Sebenernya gue agak keberatan gitu nganter dia ke toilet. Selaku murid yang baik, dan warga Indonesia yang patuh dan menghormati bangsanya, harusnya ngikutin upacara Kebangkitan Nasional ini dengan baik dan seksama dong. Harusnya. Tapi gue... Tergoda kasian melihat temen gue yang mukanya udah pucet yang nggak tau karna kulitnya yang emang putih banget sampe sinar matahari aja kalah, ato karna ngempet pipis. Karna gue juga merupakan teman yang baik, setia, dan gemar menabung, akhirnya gue anter dia ke toilet. Kita berdua mundur ke barisan belakang, minta ijin guru penjaga, diijinin, jalan cepet menuju toilet smansa kita tercinta yang dari 15 langkah sebelum sampe pada tempatnya pun aromanya udah kecium. Ulala~ ^_^
Beberapa menit gue tunggu si efha sambil main hape, akhirnya dia kluar juga. Gue agak kaget karna pas dia keluar wajahnya udah berubah gitu. 


Wajah licik penuh dosa yang serasa langsung ngehipnotis gue buat ikutan licik. Entah dia di dalem abis kesambet ato abis ketemu sama bidadara toilet yang selama ini kesepian dan segera menginspirasi dia buat bolos upacara. Tidaaakk. Aku tidak terimaaaa. Aku anak mantan pak RT. Jangan nodai aku kyaaaaa. Yep, akhirnya kita bolos upacara nasional itu. Iya, jadi pas anak-anak Indonesia lagi pada kepanasan upacara di lapangan, gue sama si efha lagi ngumpet mengendus-endus di toilet berduaan dengan fasilitas 'aroma terapi' :3
 
Karna kita udah keburu sadar duluan sebelum pingsan karna kelamaan di toilet, kita akhirnya nongkrong di 'bekas kantin' yang tempatnya strategis deket toilet. Kita udah ngerasa pewe banget gitu, pas tiba-tiba ada derap langkah dari salah satu petugas pmr yang mendekat. Kita spontan lari kebirit-birit yang nggak tau kenapa nganterin kita ke toilet lagi. Karna belum cukup puas dapet tempat persembunyian yang aman, kita berdua masuk ke kamar toiletnya. Yap, kita berdua masuk ke satu toilet yang sama dimana ada sang bidadara penginspirasi tadi. Tuh bidadara mungkin baru kali ini nemuin orang yang menyalahgunakan toilet. Dengan napas yang masih ngos-ngosan, sebenernya gue mikir, ngapain juga lari kebirit-birit begitu, toh tuh anak pmr juga bukan manusia pencabut nyawa. Dia cuma nganter anak ke UKS. Trus ngapain juga kita ngumpetnya nyampe ke kamar toiletnya sekaligus begini. Nggak elit gitu -_- eh, tapi tadi beneran, bukan gue yang pengen ngumpat disini, suerr. Ada kek semacam maghnet gitu. Percaya deh. 
Gue memandang sekitar toilet yang tiba-tiba hening. Temen gue yang masih ngos-ngosan jongkok depan gue. Untung dia kagak jongkok di atas klosetnya, kan gue nggak bakat nyiram begituan -_-
Beberapa detik kemudian, toilet nggak lagi hening. Ada suara yang begitu halus datang dari suatu arah. Mengalir lembut hingga masuk ke lobang telinga gue. Gue cuek sambil main hape. Gue lirik temen gue, yang tiba-tiba cengengesan kagak jelas. Dan wajah licik itupun kembali muncul bung. Gue rada khawatir. Ini ada cobaan apa lagi bung. Bulu kuduk gue jongkok  berdiri. Dan toilet pun nggak lagi hening pas si efha bilang 'gue kentut'. 


Huoooo. Gue spontan buru-buru keluar dari toilet. Lebih baik gue ketangkep satpol pp karna bolos upacara. Bujuk buset tuh anak satu. Sesaaat. Gue merasa pagi itu sangatlah dikhianati saudara-saudara. Aku anak baik. Aku anak baik. Ampuni akuu.
Nih ya, dari awal gue siap-siap di rumah udah rapih banget. Gue udah pake pakaian osis lengkap siap mengikuti upacara kebangkitan nasional. Gue udah dateng tepat waktu banget. Yep, pas pintu gerbangnya udah mau ditutup sama pak satpam. Gue udah baris rapih pula di antara sekerumunan sekawanan gue. Yang tiba-tiba niat tulus gue buat nemenin si efha ke toilet berakhir mengenaskan. Gue kicep pagi itu. Gondok gue makin gede. Ditambah wajah innosence efha yang duduk sebangku sama gue. Yang seakan-akan dia bilang 'sabar eaa kakaaa'. Eaa kakaaa tapi gue timpuk lo pake mesin jait dulu ya kakaa :)




Tapi gue segera sadar kalo gue masih manusia yang baiknya badai. Gue juga sadar kalo temen itu ternyata harus rela dikentutin demi tetap terjalinnya tali persaudaraan yang sakinah mawaddah warahmah. Sekarang gue juga harus do'a sebelum ke tempat persembunyian bidadara tadi biar nggak terjadi hal-hal tidak diinginkan. Doain gue ya kawan-kawan semoga cap baik badai gue ini akan terus melekat dalem diri gue. Thankyuh muah muah *titikduabintang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar