Sabtu, 09 Juni 2012

Belajar itu Whatever Wherever and Whenever




Jangan salah, setiap orang bisa ngasih ilmu looh. iya, jadi kita bisa belajar dari siapa aja. Belajar apa aja. Belajar nggak cuma akademik aja. tapi juga non akademik. kayak aku yang belajar move on dari 'diaa' 
kita bisa belajar dari tukang becak sekalipun. Jangankan tukang becak, bisa juga pemulung, tukang jual es teh, tukang parkir, pengemis, kenek angkot, ayoooo sebutin semua kenalan kamuuu. Pokonya semuanya deh. Kalo dari orang  sukses, jelaslaah kita bisa belajar dari usaha mereka yang musti dipertimbangkan bukan diplagiat. karna bagaimanapun juga smash tetap menolak dibilang plagiat dari boyband nun juah disana.
Juga dari mereka yang gagal, kita bisa ngambil pelajaran kenapa mereka bisa gagal. apa karena bapak Tohir belum membayar utangnya pada mereka? atau karna mereka yang belum kenal sama kata 'move on'? yang setelah itu kita bisa introspeksi diri. gimana kita ke depannya. dan akhirnya kita bisa ngomong kalo “kegagalan adalah sesuatu yang bisa dijadikan sebagai suatu pelajaran bagi kita untuk tidak mengulangi kesalahan dan berusaha untuk melakukan hal yang lebih baik” 

gue bahas ini karna gue liat fakta yang ada ketika liburan datang. banyak anak-anak yang akhirnya lupa belajar pas mereka lagi nikmatin indahnya ketiban hari libur. gue juga nggak mungkirin kalo setiap gue tahu gue mau liburan, gue langsung tunjukin rasa bahagia gue ke keluarga gue dengan berdiri di tengah-tengah mereka joget mengendus-endus hosh hosh. karna percaya ato enggak, bahagia itu menyebar. tapi pas gue liat mereka, kenapa mulutnya jadi pada berbusa gitu
tapi menurut gue, kita juga bisa kok belajar sambil main. seperti gue bilang tadi, belajar itu bukan suatu hal yang monoton. bukan yang isinya cuma integrallah, limitlah, STOP gue nggak kuaat STOOP. 
nah, makannya, kalo otak kita cuma terjejali dengan hal yang semacam itu aja, apa jadinya. apa kalo nanti kita punya perusahaan terus pas ketemu klient, kita akan berdiskusi tentang bagaimana memecahkan soal seperti ini?

makannya, kita perlu belajar hal yang lain. yang spektakuler. dan luar biasa. masih banyak hal yang lebih penting di dunia ini daripada sekadar bagaimana jika alkohol dicampur dengan larutan natrium bikarbonat yang kemudian diberikan kepada pasien yang sedang menderita diabetes.
ada dalilnya looh nih >> QS Al Alaq: 1-5. Ayat pertama yaitu “iqra’” yang menerangkan kalo kita diperintahkan buat belajar. dan hasil browsing gue menyimpulkan kalo arti “Iqra’” disini adalah:
            §  Pandai membaca keadaan
            §  Pandai Menganalisis suatu hal
            §  Mencari ilmu sepanjang umur
jadi kita juga perhatiin tuh hal-hal diatas. yang semoga aja kalo niat kita baik, hasilnya juga baik. inilah hukum yang gue kenal selama ini >> hukum timbal balik. ya, jadi apa yang kita lakuin, itulah yang bakal kita dapetin. kalo lo cubit adek lo, jangan heran kalo terus dia ngadu ke mama yang akhirnya nabok lo pake mentimun. *nah lho, makan apa lo nanti 
okee, itu aja postingan gue kali ini. semoga kita tetep bisa belajar dari bapak becak. syukur-syukur kalo bisa lebih dari itu. karna waktu itu penting. tapi telur juga penting

Tidak ada komentar:

Posting Komentar