Jumat, 19 Juli 2013

Jepret Ramadhan #edisi tarawih


Ramadhan kurang lebih udah jalan sepertiga bulan. Ato tepatnya hari ini adalah hari ke 11 gue. Perbedaan dari bulan-bulan sebelumnya udah keliatan jelas. Dimana tempat-tempat menjadi lebih ramai. Entah jalanan, masjid, tempat makan, mal, dan semacamnya. Juga dimana aktifitas-aktifitas baru yang rutin kita jalanin cuma di ramadhan misal puasa, sahur, buka, bla bla bla, dan tarawih. Yup, tarawih. Ini yang paling gue tekanin.

Ada beberapa masjid yang sampai sejauh ini berasil gue datengin buat solat tarawih. Jujur, gue emang suka pindah-pindah masjid, tergantung mana imam yang suaranya bening, ato khotib yang khutbahnya daleeem, ato kalo cuaca lagi gak ngedukung, mushola RT tercinta pun masuk dalam daftar pilihan.

Gue pun menangkap sesuatu di beberapa masjid yang gue datengin itu. Memang setiap masjid punya cara tersendiri buat melaksanakan solat tarawih. Dimana gue sadar masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Tapi yang penting bukanlah perbedaan. Karna perbedaan adalah keniscayaan :)
 
Gue ambil empat sempel masjid buat perbandingan. Tapi disini gue cuma mau bahas dari satu sisi aja, yaitu mengenai shaf. Bukan apa-apa. Harapannya, yang lebih baik, bisa jadi contoh yang lain. Kenapa gue bahas shaf? Yup, karna shaf adalah salah satu hal yang penting dari bagian solat berjamaah. Tapi shaf ini pula yang suka diabaikan sama kebanyakan orang.

Nah, dari keempat masjid yang gue datengin 10 hari terakhir ini, cuma satu yang gue sreg sama shafnya. Yang lain? Pertama >> sajadahnya gede-gede padahal dipakenya cuma secuil. Alhasil masih ada rongga shaf yang sia-sia tidak berisi manusia. Lah mbok ya kalo ngerasa langsing pakenya sajadah kagak usah yang jumbo-jumbo. Entar yang jumbo beneran pake sajadahnya yang seberapa, hayoloooh~ kedua >> suka pada nyari tempat pewe yang berfasilitas angin sepoi-sepoi. Yaitu di teras. Yang padahal shaf depannya belum terpenuhi bahkan masih sisa banyak. Duuh, besok atep masjidnya dikasih kran otomatis aja kali ya *lhoh. Ketiga >> sajadah rapat. Ya, sajadahnya yang rapat. Mungkin ini juga yang slama ini kebanyakan orang pikir dengan “rapatkan shaf saat solat berjamaah” sama dengan sajadah rapat sama dengan cukup. Noooo. Terus? Nah, ini dia masjid yang keempat yang gue sreg sama barisan shafnya. Liat ini dulu nih: 

Ini juga diliat:

Rapikan (luruskan dan rapatkan) shaf kalian, sesungguhnya rapinya shaf termasuk bagian menegakkan sholat. (HR. Bukhari)

Ini jangan ketinggalan:



Tulisannya begini “Rapatkan saf kalian, dekatkan antara saf, ratakanlah leher kalian. Demi Zat jiwaku di tangan-Nya, sesungguhnya aku ternampak syaitan menyelit di celah-celah saf seperti anak kambing. (Riwayat Abu Dawud)”
Dan barisan shaf yang gue alamin di masjid yang keempat ini bener-bener bikin solat khusyuk dan nyaman. Yup. Dimana bahu saling bersentuhan. Kakinya juga saling bersentuhan. Begitu geser dikit, kita berusaha buat nemepelin lagi kaki-kaki kita biar bersentuhan lagi. Walopun ada yang bawa sajadah yang kegedean, tapi sajadah itu nggak berpengaruh bung. Bahkan kita hampir-hampir solat nggak di sajadah kita sendiri. Pokoknya, selama pundak dan kaki kita belum bersentuhan, kita bakal terus geser buat ngerapetin. Inilah pengertian rapat yang seseungguhnya. Nggak ada tempat renggang sedikitpun. Sajadah cuma sarana doang yang nggak wajib kita pake sendiri kan? Kalo belom rapat, kenapa enggan buat geser? Apa sajadah kita terlalu wangi? Ato sajadah tetangga yang terlalu bau? Astaghfirullahaladziim. Yuk, perbaiki shaf solat kita yang sesuai dengan yang sudah diajarkan Nabi. Barakallah^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar